Makanan Khas Papua Yang Bagus Anda Coba

Makanan Khas Papua Yang Bagus Anda Coba
Papeda Ikan Kuah Kuning

Makanan Khas Papua Yang Bagus Anda Coba

Selain transportasi dan penginapan hal penting lainnya yang perlu anda ketahui ketika ingin berlibur ke Papua adalah makanan khas daerah tersebut. Bagian ini cukup penting karena tentu anda ingin memastikan disana ada makanan yang sesuai dengan selera dan keyakinan anda.

Nah, pada tulisan kali ini kami ingin berbagi informasi terkait dengan Makanan Khas Papua Yang Bagus Anda Coba paling banyak dikenal oleh wisatawan. Mudah-mudahan tulisan singkat kami tentang makanan daerah papua bisa membantu anda.

Papeda

Makanan ini merupakan salah satu makanan khas papua, tepatnya papua barat dan timur. Papeda sendiri dibuat dari sagu. Setelah diolah, sagu ini akan berubah bentuk menjadi warna putih layaknya bubur.

Jika belum dicampur dengan bahan lainnya, rasa asli dari papeda ini adalah hambar. Tidak ada rasa sama sekali. Namun, kebiasaan masyarakat papua selalu mencampur papeda ini dengan ikan serta kuah yang sudah dicampur dengan kunyit.

Sementara cara konsumsi papeda ini tidak jauh berbeda ketika kita mengkonsumsi nasi. Dicampur dengan ikan dan kuah.

Bagi anda yang belum pernah mencobanya, tentu tidak ada salahnya membuktikan rasa papeda ini sendiri saat berlibur ke papua.

Martabak Sagu

Nah, ini cocok sekali bagi anda yang memang penggemar martabak. Anda bisa mencoba martabak ala papua dengan rasa yang berbeda. Seperti layaknya makanan yang lain, martabak ini bahan dasarnya adalah sagu yang sudah dihaluskan.

Cara membuat martabak sagu ala papu ini tergolong mudah. Setelah sagu dihaluskan, kemudian digoreng serta dicampur dengan gula merah. Sementara untuk rasa martabak ini juga manis. Tidak jauh berbeda dengan rasa martabak di daerah lainnya. Yang membedakannya hanya bahan yang digunakan untuk membuat martabak.

Berminat? Selamat mencoba.

Sate Ulat Sagu

Mungkin mendengar namanya saja sebagian orang langsung mual 🙂 Betul. Nama makanan khas yang satu ini namanya adalah sate ulat sagu. Seperti namanya, bahan utama dari makanan ini adalah ulat sagu yang didapatkan dari pohon sagu.

Ulat sagu yang di dapatkan dari pohon sagu yang sudah tua ini, nanti di tusuk layaknya membuat sate. Selanjutnya dibakar hingga matang. Kemudian barulah dimakan. Bagi anda yang ingin mencoba dan membuktikan rasa sate ulat sagu ini, silahkan datang langsung ke Raja Ampat. Karena makanan khas yang satu ini berasal dari raja Ampat.

Ikan bungkus

Makanan khas papua selanjutnya adalah ikan bungkus. Jika dilihat secara visual, maka makanan yang satu ini mirip dengan masakan ikan pepes yang sering kita konsumsi. Untuk bahan sebenarnya juga tidak jauh berbeda.

Yang berbeda dari makanan ini adalah asal ikannya. Jika ikan pepes ikannya bisa berasal dari sungai, maka ikan bungkus ini ikannya berasal dari laut. Bahkan untuk bumbu juga sedikit lebih banyak dibandingkan dengan ikan pepes. Bagi anda yang kebetulan berlibur ke Papua, bisa juga membuktikan rasa dari ikan bungkus ini.

Udang selingkuh

Ternyata ada juga udang yang selingkuh. Tepatnya di papua. Udang selingkuh merupakan makanan khas daerah wamena. Makanan ini disebut dengan udang selingkuh karena udang ini memiliki capit mirip dnegan kepiting. Karena mirip, dikatakan selingkuh.

Jika anda berencana berlibur kesana, jangan lupa singgah dan menyapa udang selingkuh ini. Siapa tahu lebih enak dibandingkan dengan udang-udang yang tidak selingkuh.

Nah, itulah beberapa makanan khas papua yang bagus anda coba saat berlibur ke papua. Sekali lagi, semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *